Senin, 25 Juli 2022 09:07 WIB

Kinerja PDC 2021 : Kerja Cemerlang Hasil Gemilang

Kinerja PDC 2021 : Kerja Cemerlang Hasil Gemilang

Pengantar Redaksi:

PT Patra Drilling Contractor (PDC) telah menutup catatan kinerja 2021 dengan hasil gemilang. Perusahaan juga optimis, di tahun ini dapat mencapai kinerja terbaiknya. Berikut petikan wawancara Energia bersama PTH. Direktur Utama PT Patra Drilling Contractor (PDC), Dicky Sulaimansyah.

 

 

Bisa dijelaskan bagaimana pencapaian kinerja PT Patra Drilling Contractor (Pertamina PDC) di tahun 2021.

Alhamdulillah terlebih dahulu puji syukur saya ucapkan atas apa yang Pertamina PDC capai hingga saat ini. Khususnya untuk tahun buku 2021, atas seijin Allah SWT, Pertamina PDC mampu memberikan kontribusi terbaik untuk Pertamina PHE dan PDSI sebagai pemegang saham serta PT Pertamina (Persero).

 

Capaian gemilang Pertamina PDC pada tahun buku 2021 dapat dilihat dari catatan revenue yang berhasil dibukukan yaitu 112 persen dari target RKAP yang dipatok pemegang saham, dan 150 persen dari capain tahun sebelumnya. Pertamina PDC juga telah menyelesaikan beberapa proyek strategis nasional, diantaranya ;

  • Proyek konstruksi penyiapan lokasi sumur PHE Tuban.
  • Jasa penyediaan penunjang umum untuk aktivitas pengeboran di WK Siak dan Kampar PHE Siak.
  • Jasa pengadaan fasilitas produksi Mudi-26 dan well maintenance PHE TEJ.
  • Jasa konstruksi fabrikasi dan pemeliharaan fasilitas PHE OSES.
  • Analisis sample Pertagastech untuk menunjang survei rinci geokimia (Pertagastech).
  • Jasa perancangan, pengadaan dan konstruksi penggantian pipa minyak WK Rokan milik Pertamina Gas.
  • EPCI fasilitas produksi POP Sumur Sumber-1A di WK Tuban
  • Konstruksi akses jalan dan lokasi pengeboran sumur eksplorasi BDA-2X & JTB 2X PHE OK.

 

Dari segi keselamatan kerja, HSSE Pertamina PDC sepanjang tahun 2021 juga mencatatkan Zero Fatality dan catatan TRIR = 0. Ini merupakan hasil dari wujud komitmen kami dalam keselamatan kerja serta menjaga reputasi dan citra yang baik bagi perusahaan di mata stakeholders.

 

 

Pada tahun 2021 PDC juga mendapatkan capaian Audit Internal Baseline HSSE Management System Berbasis SUPREME Tahun 2021. Berdasarkan HASIL audit SUPREME yang telah dilaksanakan, PT PDC memperoleh achievement conclusion dengan rating warna ORANGE.

 

Beberapa penghargaan di bidang CSR dan operation atas kinerja yang dilakukan juga berhasil disabet. Diantaranya penghargaan 2 kategori program CSR pada Indonesia Green Awards  dan 2 kategori pada Nusantara CSR Awards  La Tofi School of CSR.

 

Juga penghargaan WSO Indonesia Talkshow Awards (Kategori Perusahaan dengan Safety Environmental yang Sempurna dan Safety Record yang Sempurna World Safety Organization (WSO) Indonesia. Saya berharap tren kenaikan kinerja dapat terus berlanjut ke depannya.

 

Faktor-faktor apa saja yang menunjang pencapaian positif tersebut?

 

Capaian ini tentunya tidak terlepas dari dukungan PHE dan PDSI sebagai pemegang saham, juga PT Pertamina holding company dan anak perusahaan Pertamina lainnya dalam bentuk membangun jalinan sinergi dan kekuatan, serta semua customer yang berkontribusi menyukseskan kelancaran operasional di lapangan.

 

Semangat kerja yang tinggi pekerja Pertamina PDC juga patut diapresiasi. Sebab, di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang belum usai, alhamdulillah segala rintangan dapat dilewati hingga saat ini.

 

Dan yang paling utama adalah komitmen HSSE di setiap lini operasi. Culture HSSE ditumbuhkan pada pekerja baik yang di kantor maupun di lapangan. HSSE mutlak dijalankan, karena kita tidak akan mungkin bisa mencapai target dengan mengabaikan aspek HSSE.

 

Lantas bagaimana dengan target perusahaan di tahun 2022? Sejauh mana optimisme perusahaan dalam mencapai target tersebut?

 

Untuk tahun 2022, Pemegang Saham memberikan target revenue sebesar Rp. 1,8 triliun. Hingga semester I, revenue PDC telah tercapai 64% dari target. Walau masih ada sejumlah PR yang harus kami kejar untuk mencapainya, tetapi kami optimis mampu melewatinya. Dengan beberapa strategi yang kami jalankan bukan tidak mungkin  Insya Allah kami bisa melewatinya seperti tahun sebelumnya.

 

Upaya atau strategi apa saja yang digunakan guna mencapai target tersebut?

 

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang services company, supporting oil and gas national company, kami berupaya melakukan penguatan kapabilitas SDM dan melakukan inovasi layanan melalui diversifikasi yang berbasis pada kompetensi inti di bidang energi untuk memperluas jangkauan dan menangkap peluang-peluang baru di masa depan. Strategi ini kami implementasikan dengan mempertahankan prinsip-prinsip keberlanjutan dan kehati-hatian pada setiap aspek baik di internal maupun eksternal.

 

Apa harapan Bapak bagi aktifitas bisnis operasi PDC ke depan?

 

Geliat pertumbuhan ekonomi, pembangunan infrastruktur dan kebutuhan energi secara global maupun nasional yang sedang berlangsung, kami yakini bahwa dalam jangka panjang perekonomian Indonesia akan terus tumbuh positif sehingga menuntut pembangunan yang masif di berbagai sektor termasuk di sektor energi. Itu menjadi opportunity yang diharapkan mampu dipersembahkan dengan baik oleh PDC. Selain itu, adanya perkembangan dan tren penggunaan energi baru terbarukan juga dapat menjadi peluang dan tantangan tersendiri bagi PDC untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan situasi yang tumbuh semakin cepat. Keberlanjutan bisnis PDC yang semakin menguat adalah sebuah harapan yang akan dijawab di masa datang.