Jumat, 22 Desember 2023 09:12 WIB

RAIH PRESTASI TANPA NARKOBA, PDC LAKSANAKAN TES NAPZA KE PEKERJA

RAIH PRESTASI TANPA NARKOBA, PDC LAKSANAKAN TES NAPZA KE PEKERJA

JAKARTA ; Cegah penyalahgunaan dan penyebaran narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (NARKOBA), PT Patra Drilling Contractor (PDC) melakukan tes urin kepada pekerjanya untuk memastikan tidak ada penyalahgunaan narkoba dilingkungan kantor PDC, Senin (18/12).

 

Tujuan dilaksanakan pemeriksaan urin untuk memastikan tidak ada narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya baik zat alami atau sintetis (NAPZA) sebagai upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika pada para pekerja di lingkup PDC dan memastikan pekerja tetap sehat dan negatif dari narkotika.

 

Dokter Habib, sebagai penanggung jawab pelaksanaan kegiatan pemeriksaan Narkoba ini mengatakan, “Pada Dasarnya, narkoba memiliki jangka waktu untuk berada di dalam tubuh pengguna setelah dikonsumsi. Semakin banyak Zat yang masuk, maka jangka waktunya semakin lama. inilah yang menjadi alasan utama mengapa seorang pengguna narkoba harus melakukan tes urine. karena hasil tes urine mengindikasikan seseorang telah menggunakan narkoba”.

 

“Tujuan dilakukan tes Urine kepada para pekerja PDC adalah untuk mengecek penggunaan narkoba di tempat kerja dan mengetahui seseorang pengguna aktif atau pasif,” lanjut Habib.

 

Terdapat enam parameter pemeriksaan NAPZA urine pada pemeriksaan kali ini, diantaranya Amphetamine (AMP), Morphine/Opiate (MOP), Mariyuana (THC), Coccaine (COC), Methamphetamine (MET) dan Benzodiazepine (BZD).

 

Fungsi Quality, Health, Safety, Security & Environment (QHSSE) bekerjasama dengan PT Pertamina Bina Medika IHC melaksanakan pemeriksaan secara mendadak di kantor pusat Jakarta dan acak kepada 36 pekerja yang hasilnya nihil temuan kandungan Narkoba.

 

NAPZA merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya baik zat alami atau sintetis. NAPZA dibagi menjadi tiga jenis, yaitu narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya.

 

Direktur Utama PDC, Faried Iskandar Dozyn mengungkapkan, “Pertamina menunjukkan dukungannya untuk program Indonesia Tanpa Penyalahgunaan Narkoba yang diusung Badan Narkotika Nasional (BNN). Sebagaimana yang PDC jalankan hari ini, melakukan pemeriksaan urin tidak hanya kepada pekerja, namun juga management ikut pemeriksaan”.

 

Selain meningkatkan kesadaran para pekerja tentang bahaya narkoba, tes urine juga berguna sebagai bentuk pencegahan terjadinya fatality di lingkungan kerja Pertamina yang diakibatkan dampak buruk penyalahgunaan narkoba. Management berharap capaian prestasi kinerja yang baik sepanjang tahun 2023 juga disertai pelaksanaan komitmen tanpa Narkoba.

 

Apabila terbukti menyalahgunakan narkoba, maka sesuai dengan pedoman penangulangan napsa di lingkungan kerja, maka akan dilakukan rehabilitasi terhadap pekerja yang kedapatan positif mengkonsumsi narkoba.

 

Tidak hanya di kantor pusat, kampanye anti penyalahgunaan narkoba juga akan dilaksanakan di wilayah operasional.